Tips Belajar Kosakata Dalam Bahasa Inggris

Pada umumnya, ketika kita membicarakan mengenai belajar bahasa Inggris, orang-orang akan langsung berpikir mengenai grammar atau struktur. Sangatlah umum bagi orang-orang untuk berpikir bahwa jika kita tidak memiliki grammar atau struktur yang bagus, bahasa Inggris kita tidak akan bagus. Namun belajar bahasa Inggris tidak hanya selalu mengenai grammar atau struktur tapi juga kosakata, berbicara, mendengarkan, membaca, menulis dan masih banyak lagi. Kita harus mengubah cara berpikir kita mengenai pembelajaran bahasa Inggris sehingga kita dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan lebih baik lagi. Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai belajar kosakata bahasa Inggris. Mengapa kosakata? Itu karena kosakata adalah aspek mendasar dalam belajar bahasa Inggris. Jika kita menyadari, kita sering mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris karena kita tidak tahu kata apa yang ingin kita katakan di dalam bahasa Inggris. Kita kemudian akan memilih untuk diam karena kita tidak tahu harus berbicara apa dan kita juga sangat menghindari untuk tidak berbuat kesalahan.

Karena mempelajari kosakata dalam bahasa Inggris juga penting, kita akan membahas lebih jauh lagi mengenai kiat-kiat untuk belajar kosakata dalam bahasa Inggris. Kita mungkin berpikir bahwa satu-satunya cara untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan cara menghafalkannya. Ya betul, itu mungkin efektif tapi yang menjadi masalah adalah jika kita hanya menghafalkan saja karena suatu hari kita akan melupakannya. Itu adalah akibat dari kita tidak sering menggunakan kosakata tersebut sehingga kita akan melupakan kosakata tersebut dengan mudahnya. Berikutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai kiat-kiat dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris.

 

Satu kata per hari

Belajar kosakata juga berarti kita perlu berkomitmen. Hal termudah yang dapat kita lakukan adalah mencari satu kata baru perhari dan menjadikannya kata untuk hari ini. Kita tidak bisa hanya mencari kata baru dan hanya cukup sampai situ saja. Kita perlu mengerti artinya dan bagaimana menggunakannya. Kita dapat mendapatkan kata baru dari sesuatu yang kita dengarkan, tonton bahkan baca. Ada banyak sumber untuk kita dapat mencari hanya satu kata saja. Jika kita bisa mencari satu kata per hari secara konsisten, maka kita akan mendapatkan sekitar 365 kata pertahun. Bisa kita lihat kalau kita bisa capai itu hanya dengan kita mempelajari satu kata perhari saja.

Membaca yang menyenangkan

Pada masa sekarang ini, membaca bukanlah hal yang menarik atau menyenangkan untuk beberapa orang. Namun, membaca memberikan banyak keuntungan bagi kita seperti bisa mengetahui informasi terkini, memperkuat fungsi otak, mengasah kemampuan berpikir, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Ketika kita membaca, kita pastinya akan menemukan banyak kata baru yang akan menguntungkan proses pembelajaran bahasa Inggris kita. Membaca tidak hanya selalu terkait dengan teks yang panjang atau artikel, bahkan komik maupun majalah dapat menjadi awal yang baik untuk kita mencoba membaca. Kita Cuma perlu membiasakan diri kita untuk membaca terlebih dahulu, kemudian kita dapat menjadikannya cara untuk mempelajari lebih banyak kosakata bahasa Inggris. Kita dapat menantang diri kita untuk mulai membaca dari sesuatu yang mudah terlebih dahulu dan terus meningkat sampai ke yang sulit. Dengan melakukan hal tersebut maka kosakata kita juga akan bertambah secara bertahap.

 

Listening or watching

Melakukan suatu hal yang merilekskan atau menyenangkan akan membantu kita belajar dengan lebih baik. Jika kita suka menonton film ataupun serial di TV, kita memiliki peluang lebih besar untuk mempelajari kosakata. Dengan menonton, kita akan berpikir mengenai apa yang diucapkan oleh orang tersebut dan kenapa beberapa kata lebih sering digunakan sedangkan yang lainnya tidak. Kita dapat menggunakan terjemahan dalam bahasa Inggris ketika menonton untuk pertama kalinya, kita mencoba untuk mengikuti dan mengerti apa yang dikatakan orang dalam film tersebut melalui terjemahan yang ada. Membuat catatan untuk beberapa kata baru untuk untuk dicari artinya di kamus akan sangat membantu dalam prose pembelajaran. Di sisi lain, jika kita merasa lebih nyaman atau menyenangkan untuk mendengarkan audio atau rekaman, kita dapat mencari topic yang menarik untuk didengarkan. Kita akan lebih fokus ketika kita hanya mendengarkan audio saja karena kita dapat menulis isi dari apa yang kita dengar. Kemudian, kita dapat mencari kata-kata baru untuk dipelajari.

 

Menggunakan aplikasi

Di zaman yang sangat modern ini, memiliki gadget dan jaringan internet membuat anda merasa memiliki kunci akses ke semua hal yang ingin anda ketahui. Pengelola aplikasi pada gadget juga semakin berkembang. Mereka menganalisa keinginan dan kebutuhan pasar sehingga mereka bisa menciptakan suatu aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan kita. Hidup juga akan lebih mudah dengan adanya aplikasi tersebut. Jika kita melihat Play Store atau App Store dan mengetik kata “vocabulary” maka akan banyak pilihan aplikasi yang muncul. Kita dapat memilih dari yang gratis sampai yang berbayar. Mereka memberikan begitu banyak pilihan kepada kita yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk memastikan jika aplikasinya bagus maka kita bisa melihat ulasan dari para pemakai aplikasi tersebut, kita juga dapat melihat gambaran besar dari aplikasi belajar bahasa inggris online tersebut sebelum mengunduhnya. Setelah kita mengunduh aplikasi tersebut maka kita sudah siap untuk mencoba nya dan tentunya kesempatan kita untuk belajar kosakata akan semakin besar dengan menggunakan aplikasi tersebut. Kita dapat mengerjakan soal-soal latihan yang ada untuk membantu kita mengerti kosakata bahasa Inggris lebih baik lagi.

 

Dengan mengetahui kiat-kiat dalam belajar kosakata bahasa Inggris, kita harus lebih termotivasi untuk mempelajarinya. Hal tersebut akan menjadi tidak terlalu sulit jika kita mau mencobanya terlebih dahulu. Dengan konsisten mencari satu kata baru perhari, membaca dengan rutin, mendengarkan atau menonton apa yang kita sukai dan mengunduh aplikasi adalah hal-hal yang dapat kita coba ketika kita ingin belajar kosakata bahasa Inggris. Semakin banyak kata yang kita pelajari, kita akan semakin percaya diri. Kita tidak akan khawatir lagi tidak mempunyai cukup kata untuk berbicara atau tidak tahu harus berbicara apa.

Intinya, belajar kosakata bahasa Inggris akan menjadi mudah jika kita mengetahui cara untuk melakukannya. Kunci kesuksesannya adalah untuk mencoba terlebih dahulu. Kita harus memotivasi diri kita untuk belajar dengan lebih giat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Kita akan menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena kita mempunyai penguasaaan kosakata bahasa Inggris yang luas. Nilai tambahan dari kita mengetahui lebih banyak kosakata dalam belajar maupun kursus bahasa Inggris adalah pengetahuan kita semakin luas. Hal tersebut didapat dari proses belajar yang ada. Sebagai bonusnya, kemampuan bahasa Inggris kita secara keseluruhan juga meningkat.